Breaking News

Kuliah Pengembangan Aplikasi xBase

Clipper adalah bahasa pemrograman yang lebih ditujukan untuk pengelolaan data. Clipper terkenal pada dekade tahun 80-an sampai pertengahan 90-an. Clipper dimasukkan ke dalam kelompok keluarga Xbase, yaitu dBase, Clipper, Foxbase, FoxPro, dan lain-lain. Beberapa keuntungan Clipper di antaranya : tidak memerlukan perangkat keras yang tinggi (PC AT 286 pun bisa digunakan, dan ingat di pelosok mungkin masih ada komputer PC AT 386), berbasis teks (tidak
grafis) sehingga cepat dalam pencetakan ke printer dan mudah dalam pemasukan data, kecepatan pemasukan data (tentu disenangi oleh operator pemasukan data). Dalam pengembangan suatu sistem informasi tentu saja dasarnya adalah kebutuhan sisten bukan keinginan pemakai. Jika cukup dengan sistem xBase, maka tidak perlu menggunakan aplikasi grafis apalagi sampai web server.
Akan tetapi jika memang sistem membutuhkan sistem yang lebih dari sekedar xBase maka tentu tidak xBase tidak dapat digunakan.
Masalah lain yang bisa menjadi perhatian adalah menggarisbawahi pernyataan yang disampaikan oleh Alfons Tanudjaya, spesialis antivirus dari Vaksincom, yang dimuat dalam detikINET, Rabu (8/8/2007). Beliau menyatakan bahwa, ”Pengguna format dbf bisa lebih banyak dari format yang lebih baru. Dan secara persentase jumlah perusahaan, pengguna database .dbf ini mencapai
lebih dari 50 % dan tersebar di seluruh Indonesia.” Memang untuk saat ini (September 2009) tentu jumlahnya sudah semakin menurun akan tetapi setidaknya masih ada pasar yang membutuhkan skill xBase ini.
Materi Kuliah Pengembangan Aplikasi xBase khsususnya menggunakan Pemrograman Clipper, buku panduannya bisa diunduh di sini.Buku ini terakhir diunggah tanggal 15 Desember 2010.
Untuk Clipper Compilernya sebagai bahan pembelajaran, bisa diunduh
di sini. Berkas ini setelah diunduh, nama berkasnya di-rename dengan membuang ekstensi .doc-nya.
Sedangkan jika Anda ingin menggunakan dBase versi jadul, silahkan diunduh di sini. Berkas ini setelah diunduh, nama berkasnya di-rename dengan membuang ekstensi .doc-nya.
Materi dalam bentuk Satuan Acara Pembelajaran (SAP) ada di sini.
Materi praktikum bisa diunduh di sini.

Untuk tambahan sumber bacaan,moga-moga bisa dilihat pada kaitan berikut :
Advantage CA Clipper Guide v5.5, The Guide To Clipper 5.2
Dbase III User Guide

About dwijim

Check Also

Seleksi Mahasiswa Berprestasi Unila 2017

Berdasarkan surat dari Wakil Dekan Bidang Mahasiswa dan Alumni FMIPA No. 683/UN26/7/KM/2017, telah dibuka seleksi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com