Breaking News

Dosen Ilmu Komputer Mengikuti Pelatihan Pengembangan Ketahanan Nasional Lemhanas

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) merupakan Lembaga Pemerintah Non-Kementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden RI. Lemhannas RI mempunyai tugas dan peran dalam melaksanakan pendidikan penyiapan kader dan pemantapan pimpinan tingkat nasional, melakukan pengkajian strategik, pemantapan nilai-nilai kebangsaan, pengembangan Ketahanan Nasional, serta membina dan mengembangkan hubungan kerja sama dengan berbagai institusi terkait di dalam dan di luar negeri.

Berangkat dari latar belakang historis, tugas pokok, serta fungsi Lemhannas RI, dan menyadari pula akan peran dan tanggung jawabnya kepada bangsa dan negara, Lemhannas RI menyelenggarakan kegiatan Pelatihan untuk Pelatih (Training of Trainers/T.o.T) Dosen, dalam rangka menghasilkan tenaga pendidik di lingkungan perguruan tinggi yang mampu memahami dan menguasai esensi nilai-nilai kebangsaan.

Kegiatan Pelatihan untuk Pelatih (Training of Trainers/T.o.T) bagi kalangan dosen dimaksudkan sebagai wahana bagi para dosen untuk menambah wawasan dan memperluas cakrawala berpikir yang bersumber dari empat konsensus dasar nasional, melakukan pendalaman materi yang berkaitan dengan nilai-nilai kebangsaan dan dapat mengaplikasikan materi yang telah diperoleh melalui praktik mengajar (simulasi).

Kegiatan Pelatihan untuk Pelatih (Training of Trainers/T.o.T) Dosen bertujuan untuk menghasilkan para dosen yang kompeten, kreatif dan inovatif, sehingga dapat berkontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan dan perbaikan metode pengajaran di perguruan tinggi dalam konteks nation character building dan national system building.

Rangga Firdaus,M.Kom terpilih sebagai wakil Universitas Lampung sebagai salah satu peserta pelatihan tersebut. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini ada 81 orang yang terdiri dari para dosen dari berbagai perguruan tinggi di Jabodetabek, Banten, Semarang, Purwokerto dan Lampung.

Kegiatan ini diselenggarakan selama 6 hari dari tanggal 24 hingga 29 September 2012 dengan rincian kegiatan ceramah 4 hari dan sisanya melakukan praktek mengajar.

Jurusan ilmu komputer merasa bangga salah satu dosennya terpilih menjadi peserta kegiatan ini, dan berharap hasil dari kegiatan ini akan dapat diimplementasikan untuk kemajuan institusi terutama jurusan Ilmu Komputer.

Berikut adalah beberapa materi pelatihan yang dibagi kepada peserta pelatihan dan sudah dikirimkan ke jurusan Ilmu Komputer sebagai upaya trasfer pengetahuan:

Nilai Kebangsaan Indonesia, Sebuah pengantar ToT Dosen Ang I-2012

Materi-Gubenur-Lemhannas-ToT-DosenAngI-2012

About Didik Kurniawan

Check Also

Jadwal Bimbingan Akademik

Dengan ¬†akan dimulainya tahun akaemik 2017/2018, berikut disampaikan jadwal bimbingan akademik untuk awal semester Ganjil …

4 comments

  1. Luar biasa…., selamat pak rangga.., semoga keilmuannya barokah dan membawa kebahagian bagi kami dan semuanya…

    bravo pak..!!
    riv

  2. Kerennnzz pak…
    kami tunggu sekembalinya dari kawah candra dimuka lemhannas RI..MANTAAPPSSSS !!!

    salam dari kami mahasiswa TI angkatan 99 Binadarma

    Andri

  3. Terima kasih mas rivaldo dan mas andrianto…
    insya allah..semoga kita semua diberikan kesuksesan…baik dunia dan akherat…aaminn..
    salam hangat selalu…

    rf

  4. Yang muda yang berkarya pak…. lanjutkan dengan mengukir prestasi karena hidup cuma sekali dan harus diukir dengan indah,,, sekali lagi semangat,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com