Breaking News

Profile

Sejarah

Jurusan Ilmu Komputer FMIPA Unila berawal dari pembentukan program studi Ilmu Komputer yang berada di bawah Jurusan Matematika FMIPA Unila. Beberapa dosen Jurusan Matematika merintis Program Studi Ilmu Komputer. Hasilnya, Program studi Ilmu Komputer dibuka pada tahun 2005 melalui Surat Keputusan (SK) Dirjen Dikti No1845/D/T/2005 tanggal 3 Juni 2005. Mahasiswa angkatan tahun 2005 merupakan angkatan yang pertama dari Ilmu Komputer. Kemudian berdasarkan SK Rektor No. 07/UN26/DT/2011 tanggal 30 Desember 2011 maka berdirilah Jurusan Ilmu Komputer di bawah FMIPA Unila. Pada saat ini Jurusan Ilmu Komputer berakreditasi B berdasarkan SK BAN-PT Juli 2011 No. 016/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VII/2011. Informasi tentang Jurusan Ilmu Komputer bisa diakses di http://ilkom.unila.ac.id.

Visi
Pada Tahun 2025 Menjadi Program Studi Ilmu Komputer Yang Unggul Dalam Pendidikan Dan Penelitian Bidang Komputer dan Informatika, Serta Berprestasi Di Tingkat Nasional dan Internasional

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan di bidang ilmu komputer yang relevan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di Propinsi Lampung, tingkat nasional dan internasional.
  2. Mengembangkan dan memajukan penelitian bidang komputer dan informatika, serta mendayagunakan hasilnya untuk lingkungan sekitar dan kemaslahatan umat manusia.
  3. Meningkatkan pemanfaatan teknologi komputer dan informasi untuk masyarakat.
  4. Mengembangkan jalinan kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak luar dalam rangka pengembangan tridarma perguruan tinggi

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi yang sudah dicanangkan, PS Ilmu Komputer FMIPA Unila menetapkan tujuan pendidikan sebagai berikut.

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan daya saing tinggi, serta menguasai teknologi komputer dan informasi
  2. Menghasilkan penelitian dan publikasi dalam bidang dalam bidang komputer dan informasi
  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan menghasilkan produk atau layanan berbasis teknologi komputer dan informasi
  4. Menghasilkan kerjasama kemitraan dengan institusi/lembaga pemerintah maupun swasta dalam bidang komputer
  5. Menghasilkan sarjana ilmu komputer yang mampu melanjutkan ke strata yang lebih tinggi

Rumusan sasaran program studi

Program Studi Ilmu Komputer memiliki sasaran membentuk sarjana yang memiliki kemampuan dengan komptensi:

  1. Memiliki sikap profesionalisme dan etika atau moral profesi yang tinggi berdasarkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan kecintaan terhadap tanah air.
  2. Memiliki kemampuan untuk menjelaskan sistem kerja komputer.
  3. Memiliki kemampuan dalam membuat analisis, model dan solusi suatu permasalahan berbasis komputer.
  4. Memiliki kemampuan rancang bangun termasuk implementasi perangkat lunak yang terintegrasi dengan menggunakan metode, teknik, dan alat bantu tertentu.
  5. Memiliki wawasan dan pengetahuan teknologi informasi.
  6. Memiliki dasar pengetahuan yang kokoh untuk mengikuti studi lanjut atau pendidikan pascasarjana bidang komputer.
  7. Memiliki wawasan kewirausahaan.

Dengan kompetensi tersebut, Program Studi Ilmu Komputer harus selalu meningkatkan kualitas Program Studi itu sendiri secara terus menerus. Upaya peningkatan Program Studi Ilmu Komputer meliputi upaya untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, manajemen, sumberdaya, dan pendanaan.

Pembentukan Program Studi Ilmu Komputer dimulai dengan adanya surat permintaan Pernyataan Pembentukan Program Studi baru yaitu Program Studi Ilmu Komputer sesuai dengan SK Dirjen Dikti Nomor 68/D2.3/M/2005 tertanggal 7 Juni 2005.

Surat tersebut disertai dengan SK Ijin Pembentukan Program Studi baru yaitu Program Studi Ilmu Komputer sesuai dengan SK Dirjen Dikti Nomor 1845/D/T/2005 tertanggal 3 Juni 2005.

Kemudian, pada tahun 2012 mulai menjadi jurusan sendiri sesuai dengan Surat Keputusan pendirian Jurusan Ilmu Komputer:

9 comments

  1. mana pak bu visi misi nya kok gak ada ini kan webseite jurusan ilkom kok gak uptodate

  2. bagaimana jika statistik nilai rapor tik tidak stabil, apakah bisa masuk?

  3. Tommy Anugrah Sinaga

    selamat siang pak.. pak mengenai konversi dari d3 mi ke s1 ilmu komputer unila itu ada tidak pak ? saya mau melanjutkan study saya di universitas lampung pak, saya mahasiswa d3 manajemen informatika 2011. besar harapan saya buat unila-fmipa-ilkom ada program konversi. aminn.

    terima kasih

    • Dwi Sakethi

      secara prinsip, sepertinya itu ada pada layanan jurusan no. 29 Penerimaan Mahasiswa Transfer dalam Unila. ada beberapa mahasiswa yang memang menanyakan hal seperti ini. karena belum dibicarakan resmi di rapat jurusan, jadi belum ada keputusan pasti, tapi mudah-mudahan mungkin setahun lagi, karena masih menunggu dengan kelas paralel yang pertama.

  4. selamat siang bapak-bapak,
    saya alumni Prodi Ilmu Komputer Tahun angkatan 2006 dan lulus tahun 2011,
    an. Sony Purba.

    Pak, boleh dibantu diinfokan untuk Akreditasi Perguruan tinggi dan Prodi ke saya pak,
    untuk Soft Copy sertifikatnya, karena diperlukan untuk melampirkan dalam berkas pendaftaran CPNS,
    mohon bantuannya bapak-bapak yang bisa memberikan informasi dan bantuannya,
    Terima Kasih.

  5. Приветики.
    Можешь называть меня Света.
    Познакомлюсь с мужчиной для встречи. Приеду к тебе на район или встримся у меня. Живу в соседнем подъезде.

    Интимные фото

  6. viagra precio
    Shops will feed on their potential customers acquiring items at list price, which may deplete a banking account really fast. As an alternative to dropping for this, go into all your favorite merchants and find the transaction or clearance rack. Normally, you will discover cheap deals on good quality items in this area.
    levitra generika
    Good quality is important when you find yourself searching for redesigning items. Protecting a few dollars on building resources and appliances might be appealing. However, it will be a greater purchase to enjoy more income now as an alternative to in the future. Purchase something long lasting regardless of whether it is a somewhat more expensive.
    levitra kopen
    Besides cleaning and diet program, it is possible to decrease zits by reducing your stress threshold. Substantial levels of stress triggers you to break out as a result of discharge of a hormone referred to as cortisol. Cortisol can block skin pores, which leads to acne. Make time to chill out out of your working day by relaxing or doing light exercise for example yoga exercises.
    priligy belgique

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com